BERJALAN

SELAMAT DATANG DI ASOSIASI GURU PENULIS INDONESIA (AGUPENA)FLORES TIMUR

Sabtu, 24 November 2018

Hasil Kejuaraan Lomba Menulis Opini (Menyongsong Harlah Agupena ke 12 di Flores Timur)



 (Muhammad Soleh Kadir/ Tim Penilai Lomba Menulis Opini)

Salah satu mata lomba yang diselenggarakan Asosiasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) Cabang Flores Timur (Flotim) dalam rangka menyongsong Hari Lahir (Harlah) Agupena  ke-12 adalah Lomba Menulis Opini. Lomba ini, melibatkan guru, dosen, dan penggiat literasi se- Indonesia. 

Tema dalam Lomba Menulis Opini ini adalah “Peran Guru Dalam Menggerakan Literasi”. Sedikitnya, ada 50 (lima puluh) naskah diterima panitia.Naskah yang diterima diantaranya dari pengurus Agupena Flotim (tidak dinilai). Selebihnya opini dari guru dan dosen yang tersebar di Kabupaten Flores Timur, Lembata, Sikka, Ngada, Manggarai, Kupang, Soe, Rote, Jakarta, Yogyakarta,  Makasar dan lain- lain. Beberapa naskah, adalah kontribusi tulisan dari simpatisan Agupena Flotim, salah satunya Asiz Kei Tokan (Kepala Biro Antara Papua Barat).

Lomba yang dibuka sejak 19 September sampai 10   November 2018 ini, telah mendapat penilaian dari Tim Penilai Agupena Flores Timur (Flotim), meliputi penilaian kesesuaian tema, orisinalitas, kelogisan, ejaan, dan persuasif. Berikut daftar kejuaraan 10 (sepuluh) besar dari 50 (lima puluh) naskah yang diterima panitia.

Kejuaraan
Nama penulis
Judul tulisan
Nilai
Asal Kabupaten

Juara I
Yoseph Amasuba
Membangun  Budaya Literasi Seorang Guru
361
Lembata
Juara II
Saverinus Suhardin
Perlu Guru Gendeng Untuk Memajukan Literasi
352
Kota Kupang
Juara III
Vinsen Belawa Making
Kunci Ada di Tangam Guru
348
Kota Kupang
Juara IV
MN Aba Nuen
Guru Sebagai Ujung Tombak
346
TTS
Juara V
Yohanes Mamun
Guru dan Gerakan Literasi Sekolah
341
TTS
Juara VI
Bonefasius Zanda
Guru yang Bernafaskan Literasi
339
Ngada
Juara VII
Albertus Muda
Mengakarkan Budaya Membaca Masyarakat
338
Lembata
Juara VIII
Nabil Firdaus
Guru Zaman Now: Kreatif, Inovatif dan Inspiratif
337
Lembata
Juara IX
Alvius Y.K.Sabon
Membangun Budaya Literasi di Sekolah Dasar
336
Flores Timur
Juara X
Nurdiyanto
Gerakan Literasi, Anda Tidak Sendiri
335
Rote

Muhammad Soleh Kadir, S.Pd salah satu Tim Penilai Opini mengaku kesulitan, menentukan kejuaraan Lomba Menulis Puisi. Bagi Pion, sapaan Muhammad Soleh Kadir opini yang masuk ke meja redaksi tergolong layak dan matang. Perihal tersebut terlihat dari isi tulisan, cara penulisan, serta logika tulisan yang dibangun oleh para penulis. Akan tetapi, setelah dilakukan penilaian  secara komprehensif disertai berbagai observasi, Tim Penilai dapat menentukan kejuaraan. 

Pengurus Agupena Cabang Flotim, menyampaikan profisiat dan apresiasi atas capaian ini. Berharap, semoga informasi ini dapat memotivasi berbagai pihak, terutama para pemenang untuk terus meningkatkan kematangan dalam menulis opinii. Pemenang lomba menulis opini, akan diundang hadir mengikuti Puncak Hari Lahir (Harlah) Agupena, Rabu (28/11/18) untuk menerima hadiah dan piagam penghargaan dari Agupena.(Humas Agupena)

2 komentar:

  1. Luar biasa lomba menulis yang dilakukan Agupena. Sukses. Bisa dapat karya yang mendspat juara? Tksh!0ñ

    BalasHapus
  2. Mantap,semoga Agupena menjadi motivator bagi guru-guru dalam menulis

    BalasHapus