BERJALAN

SELAMAT DATANG DI ASOSIASI GURU PENULIS INDONESIA (AGUPENA)FLORES TIMUR

Senin, 10 Agustus 2015

MOMENTUM PELANTIKAN PERTEGAS PERAN DAN TANGGUNGJAWAB





Secara de facto Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Kabupaten Flores Timur (Flotim) terbentuk Bulan Maret 2015. Sejak  terbentuk, Agupena Flotim telah melaksanakan beberapa program kerja diantaranya pelatihan menulis bagi guru, pelatihan dan pengoperasian blogspot, diskusi akhir pekan, dan kegiatan ilmiah lainya. Geliat ini telah merangsang anggota – anggota Agupena berkarya dalam dunia menulis. Karya yang dihasilkan anggota – anggota Agupena sejak terbentuk Maret diantaranya buku antalogi cerpen “wasiat kemuhar”  karya Pion Ratuloly, antalogi cerpen A Have A Dream karya Ronal Lein, Kumpulan Ceritra Rakyat Flotim cetakan perdana, memuat tulisan tiga anggota Agupena Flotim diantaranya, Pion Ratuloly, Maksi Masan Kian, dan Tobias Ruron.
Agupena Flotim yang bernaung di bawah Agupena Pusat dan Agupena tingkat Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah memiliki jurnal ilmiah pada tingkat Provinsi. Agupena Flotim  memiliki blogspot sendiri  dengan alamat www.agupenaguruflotim.blogspos.com. Blogspot  sebagai ruang menulis bagi guru. Aagupena Flotim berrelasi dengan beberapa majalah dan koran dengan tema pendidikan, pariwisata, budaya, sosial, ekonomi, politik, humaniorah, tokoh inspiratif, (Cakrawala Pendidikan NTT, Kabar NTT, Warta Flobamora, Majalah Educare, Pos Kupang, Flores Pos, Floresbangkit, Weeklyline.net, sebagai media untuk Guru – guru yang tergabung dalam Agupena Flotim menuangkan tulisannya. Saat ini, kolom opini di beberapa media ini, sudah dihiasi dengan tulisan – tulisan guru yang tergabung dalam Agupena Flotim.
Geliat Agupena Flotim yang dari hari ke hari semakin mengema, mengingatkan pengurus bahwa tak cukup hanya secara de facto Agupena dikenal. Pengukuhan pengurus harus dilaksanakan. Secara de Jure. Agupena harus dilantik. Pengukuhan dan pengambilan sumpah bagi Pengurus akan menjadi momentum untuk mempertegas peran dan fungsi pengurus dalam menjalankan tugasnya dikemudian hari.
***

            Ketua Agupena NTT Bapak Thomas Akaraya Sogen akan hadir di Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur untuk melakukan Pelantikan. Tema yang angkat dalam pelantikan Pengurus Agupena Flotim adalah ” MOMENTUM PELANTIKAN PERTEGAS PERAN DAN TANGGUNGJAWAB”.
            Pelantikan pengurus Agupena Flotim rencana dilaksanakan pada Sabtu 29 Agustus 2015 di Aula SMK Sura Dewa Larantuka. Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Flores Timur, Kepala Dinas PPO Flotim, Ketua Komisi C DPRD Flotim, Ketua PGRI Flotim, Pembina dan Penasehat Agupena Flotim, para pengawas sekolah menengah pada Dinas PPO Flotim, Pengurus dan anggota Agupena Flotim, para Kepala Sekolah dan guru, Wartawan media cetak, elektronik, on line dan radio.
Rangkaian kegiatan, registrasi peserta 07.00- 08.00 Wita, pembukaan 08.00- 08.10 Wita, seremonial pelantikan 08.10 – 09.00 Wita, Dialog bersama Ketua Agupena NTT seputar Dunia Menulis, Perkenalan Buku Antalogi Cerpen “Wasiat Kemuhar” (Karya Pion Ratuloly), Antalogi Puisi “I Have A dream “ (Karya Ronal Lein) pkl 09.00 – 12.00 Wita. Moderator dialog selepas pengukuhan saudara Benediktus Bereng Lanan, wakil ketua seksi dokumentasi dan Publikasi Agupena Flotim
Sumber dana kegiatan Pengukuhan Pengurus berasal dari Kas Agupena Flotim dan  Sumbangan Pion Ratuloly dalam bentuk donasi 20 % dari penjualan buku Wasiat Kemuhar.
Panitia pelaksana kegiatan pengukuhan pengurus Ketua Polikarpus Igo Moron, dan sekretaris Anselmus D. Atasoge.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar